Hai..

Disini tempat untuk cuap-cuap dan berceloteh riang tentang segala hal.... tentang apa yah?? ;)
Powered By Blogger

Thursday, January 29, 2009

'SADARI'

SADARI: Deteksi Kanker Payudara Sedini Mungkin

SADARI atau Periksa Payudara Sendiri adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendeteksi adanya kelainan yang bisa jadi merupakan indikasi adanya sel kanker pada payudara Anda. Tanpa pandang bulu, kanker payudara bisa menyerang siapa saja baik wanita maupun pria, tua dan atau bahkan muda.

Pada tahun 2005, kanker payudara menempati urutan kedua setelah kanker leher rahim yang banyak di derita wanita di Indonesia. Oleh sebab itu, periksalah payudara Anda secara rutin agar terbebas dari penyakit yang mematikan ini!

Bagaimana Cara Melakukan SADARI?

Tahap 1

Sambil berdiri di depan cermin, angkat kedua tangan dan perhatikan apakah payudara Anda simetris. Selain itu lihat juga apakah ada perubahan pada puting, kerutan atau pengelupasan kulit. Gunakan tangan kiri untuk mendeteksi payudara kanan dan sebaliknya, dimulai dari ujung bagian luar, tekan dengan bagian jari yang pipih dengan gerakan melingkar kecil dan bergerak perlahan di sekitar payudara.

Tahap 2

Selanjutnya untuk merasakan adanya perubahan, lakukan deteksi dengan cara berbaring. Dalam keadaan terlentang seperti ini periksa pula lipatan lengan, batas luar payudara dan seluruh permukaan payudara.

Tahap 3

Untuk melihat adanya tanda-tanda pendarahan atau keluarnya cairan dari puting susu, pencetlah bagian puting susu dan lihat apakah ada darah atau cairan yang keluar. Darah dan cairan yang keluar dari puting susu merupakan indikasi adanya penyakit yang meradang.

-- Lakukanlah SADARI setiap satu bulan sekali untuk mencegah timbulnya kanker payudara yang bisa menyerang kapan saja. Jika Anda menemukan indikasi adanya kelainan pada payudara Anda, segera hubungi tim medis dan lakukan pemeriksaan x-ray (mamografi) untuk memastikan ada tidaknya sel kanker di dalam payudara Anda. --

sumber

No comments:

Post a Comment