Hai..

Disini tempat untuk cuap-cuap dan berceloteh riang tentang segala hal.... tentang apa yah?? ;)
Powered By Blogger

Monday, May 11, 2009

Nyeri pada telapak kaki

Nyeri pada tumit dapat disebabkan oleh pengapuran tulang, namun umumnya disebabkan oleh peradangan plantar fascia–suatu jaringan disepanjang bagian bawah kaki yang menghubungkan tulang tumit dengan ibu jari kaki kita. Keadaan ini disebut plantar fasciitis, umumnya menyebabkan nyeri seperti ditusuk atau rasa terbakar yang biasanya bertambah buruk pada pagi hari karena fascia mengencang (berkontraksi) sepanjang malam. Segera setelah kita berjalan-jalan beberapa saat, nyeri yang disebabkan oleh plantar fasciitis ini biasanya berkurang, tetapi mungkin akan terasa nyeri kembali setelah berdiri beberapa lama atau setelah bangun dari posisi duduk.

Beberapa di antara penyebab plantar fasciitis adalah: aktivitas dan berat badan berlebih, akibat trauma masa lalu yang menimpa tulang tumit, kebiasaan melepas alas kaki saat berjalan di lantai yang keras atau kasar, peradangan sendi dan tulang, encok rematik (rheumatoid arthritis/RA), dan pemakaian alas kaki yang tidak sesuai.

Selain pada tumit, penekanan berlebihan akibat berat badan dan perlukaan juga dapat menyebabkan timbulnya sensasi nyeri atau keram pada bagian lain telapak kaki.

Untuk itu Kami sarankan agar Anda mengistirahatkanlah kaki Anda, dan hindari terlalu sering memakai sepatu yang tidak nyaman atau sempit, terlebih dengan hak tinggi. Apabila dirasa sangat mengganggu Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter atau dokter spesialis penyakit dalam untuk tatalaksana yang lebih optimal.

No comments:

Post a Comment